Senin, 04 Maret 2013
http://feverid.blogspot.com/search/label/technology
Karena maraknya aksi peretasan akhir-akhir ini, ada beberapa tips untuk membuat password yang aman.

Maraknya aksi peretasan baru-baru ini baik dengan cara membobol ID dan password atau juga melalui celah yang dimiliki Java banyak terdengar di bulan Februari lalu. Khususnya untuk ID dan password, ada beberapa tips untuk membuat kata sandi atau kata kunci kuat.

Seperti dilansir Time (28/02), ada beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum membuat suatu kata sandi atau password.

Buat password panjang
Membuat kata sandi dengan rangkaian kata yang panjang sangat dianjurkan oleh peneliti sekuritas online. Disarankan, membuat minimal 8 karakter dan dapat dikembangkan lebih panjang lagi dengan catatan Anda dapat mengingat dengan jelas setiap karakter pembentuk password tersebut.

Gunakan kombinasi
Disarankan untuk membuat password tidak hanya dengan sederetan huruf atau angka saja. Ada baiknya membuat suatu password itu dengan kombinasi keduanya seperti contoh bahasa yang sering digunakan anak-anak alay zaman sekarang, PaSsWoRd, 1Ni4DaL4HaqYu3 atau yang lainnya.

Selipkan kombinasi antara angka dan huruf
Sangat berbahaya apabila hanya menggunakan kombinasi antara huruf dan angka saja, karena sekarang ini ada software-software khusus yang dapat membongkar password dengan mudah. Untuk itu disarankan agar menyelipkan gabungan dua karakter (angka dan huruf) tersebut menjadi satu, contoh pas123swor456d.

Ganti angka atau huruf
Ada baiknya untuk mengganti beberapa karakter dari huruf menjadi angka untuk menyulitkan para peretas, seperti contohnya mengganti huruf O menjadi angka 0.

Hindari password umum
Tidak direkomendasikan untuk membuat suatu password dengan menggunakan istilah, kata, singkatan atau apapun yang merupakan representasi dari Anda dan sekitar, seperti contoh tanggal lahir, nomor rumah, nomor telepon dan lainnya.

Jangan gunakan satu password yang sama untuk account berbeda
Menurut penelitian beberapa peneliti sekuritas online, banyak kasus peretasan karena pemilik account menggunakan password sama antara account satu dengan lainnya. Oleh karenanya, disarankan agar membuat password berbeda untuk setiap account.

Menggunakan enkripsi
Mengenkripsi suatu password merupakan salah satu cara paling disarankan untuk membuat suatu password kuat. Memang untuk programer, hal yang disebut juga dengan hashing ini cukup mudah, namun bagaimana dengan orang awam? Ada beberapa situs online yang juga menawarkan layanan pengubah suatu tulisan menjadi kode hash. Dengan menggunakan kode hash, maka tingkat kerumitan suatu password semakin kuat, contohnya ?t7q1b9f8j2o0t0l1d! adalah hasil hashing dari the quick brown fox jumps over the lazy dog.

Memang masih banyak dan beragam tips untuk membuat suatu password kuat, namun dengan beberapa cara di atas, cukup rasanya untuk dapat membentengi account dari serangan atau ulah jahil para peretas.

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers