Minggu, 09 Juni 2013

banyak orang yang bertanya gini, berapakah besarnya Swap file atau partisi yang seharusnya? Pertanyaan ini selalu dilakukan oleh pemula Linux. Umumnya orang menjawab 2 X RAM. Jadi jika RAM anda 2 GB maka besarnya file swap adalah 4 GB. Hal ini tidaklah benar!
Jika anda perhatikan System Operasi modern untuk Server, misalnya Ubuntu, maka besarnya file swap mencapai 3 X RAM. Jadi manakah yang benar?
Sebenarnya besar file Swap tidak harus 2 X RAM. Besarnya file Swap ditentukan oleh kebutuhan aplikasi anda! Karena itu perlu dihitung berapa besarnya file swap ini. Cara hitungnya tidaklah sulit tetapi memerlukan sedikit percobaan.
Caranya sebagai berikut:
pertama buka http://feverid.blogspot.com hehe becanda..
1. Pertama-tama anda harus tahu berapa memory yang terpakai oleh system saat ini.Gunakan perintah ini untuk mengetahui pemakain memory saat ini:
Misalnya: 200 MB
2. Check berapa memory yang diijinkan maksimum. Misalnya aplikasi yang dijalankan adalah Web dengan PHP maka check besarnya memory yang diijinkan di PHP.INI, misal 32MB. Jika anda punya 500 client maka memory yang dibutuhkan:
500 x 32 MB = 16000 MB
3. Maka total yang anda perlukan adalah 16.200 MB
4. Jika memory physic besarnya 2 GB, maka file swap anda besarnya:
16.200 - 2.000 MB = 14.200 MB
Dengan demikian pada Server dengan 2 GB memory untuk menangani aplikasi dan akses user anda diperlukan file swap 14 GB atau 7 kali memory physic anda! Dengan catatan aplikasi akan berjalan lancar tetapi lambat, krn operasi file lebih lambat dibandingkan memory.
Sebaliknya jika merujuk pada besarnya Swap = 3 x RAM, maka artinya RAM anda seharusnya 16.200 / 3 MB = 5.400 MB atau sekitar 4-8 GB.
Demikianlah sekilas cara menentukan besarnya file Swap (atau menentukan RAM yang sesuai, jika dipandang sebaliknya).
 
==================================================================================
Untuk RAM kurang dari atau = 512MB sebaiknya 2 x RAM, tapi kalo udah lebih dari 512MB misalnya 1GB, menurut pengalaman cukup sama dengan RAM saja.
Sebagai contoh ketika saya pakai laptop + ubuntu 7.10 dengan memory 1Gb, dan Swap 1Gb juga, kemudian saya buka aplikasi yang standar biasa saya pakai (Aptana, Firefox dengan minimal 5tab, File Browser, text editor, terminal dengan 2 tab, plus OpenOffice Word Processor) besarnya SWAP yang kepakai sekitar 350 - 500 MB. Saya juga pakai aplikasi seperti AWN, Desklet dan Tentu saja Desktop Gnome + Compiz Fusion. Jadi kalo memang gak berat-berat amat konsumsi memory nya apabila sudah memiliki RAM cukup besar ngapain boros-borosin space hdd untuk swap clip_image002
selamat mencoba dan terimakasih sudah mampir di blog saya..


0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers